Menentukan Jumlah Uang yang Bisa Digunakan Untuk Investasi

Saat memiliki uang dan ingin uang yang Anda miliki berkembang dan menghasilkan keuntungan secara pasif, maka investasi jadi jalan terbaik yang bisa Anda lakukan. Karena, dengan melakukan investasi Anda tidak perlu melakukan apapun dan uang yang Anda investasikan akan menghasilkan keuntungan dengan sendirinya. Namun, untuk melakukan investasi ada berbagai hal yang harus diperhatikan. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan investasi adalah jumlah uang yang ingin Anda investasikan. Berikut ini beberapa hal yang bisa membantu Anda dalam menentukan jumlah uang untuk investasi.

Ketahui Pengeluaran Pokok dengan Membuat Skema Perencanaan Keuangan

Investasi memang menggiurkan karena imbal hasil yang akan Anda dapatkan. Namun, jangan sampai investasi membuat Anda gegabah dan mengabaikan pengeluaran pokok yang harus dilakukan setiap bulannya. Pengeluaran pokok seperti cicilan, kebutuhan pokok dan tabungan harus disisihkan terlebih dahulu sebelum mengeluarkan uang untuk diinvestasikan. Buatlah perencanaan keuangan yang matang agar uang yang Anda keluarkan untuk investasi tidak mengganggu kebutuhan pribadi Anda setiap bulannya. Jangan lupa, terapkan perencanaan tersebut secara disiplin agar rencana yang telah dibuat dapat berjalan sesuai harapan.

Semakin Besar Uang yang Digunakan Investasi Semakin Besar Potensi Returnnya

Setelah membuat perencanaan keuangan yang matang, maka Anda telah dapat menentukan jumlah uang yang bisa Anda investasikan. Namun, perlu diketahui bahwa ketika Anda berinvestasi semakin besar uang yang Anda investasikan maka akan semakin besar potensi return yang akan didapat. Hal ini disebabkan karena biasanya return dihitung berdasarkan persentase uang yang diinvestasikan sehingga jika Anda berinvestasi dalam jumlah besar pada skema investasi bagi pemula yang memberikan imbal hasil pasti maka semakin besar pula potensi return yang akan Anda dapatkan.

Jangan Gegabah dan Perhatikan Risiko

Meski semakin besar uang yang Anda investasikan akan meningkatkan potensi return yang didapat, namun pastikan pula Anda tidak gegabah dan sembarangan dalam memilih investasi. Perhatikan risiko yang ada pada skema investasi tersebut karena setiap investasi memiliki risikonya masing-masing. Jika Anda ingin melakukan investasi jangka panjang, maka cari tahu apakah skema investasi yang akan Anda jalani cocok untuk jangka panjang atau tidak
. .

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Menentukan Jumlah Uang yang Bisa Digunakan Untuk Investasi"

  1. Kalau kelas pemula mending invesnya emas deh aman dan pasti untung

    BalasHapus
  2. kalau mau bikin alokasi investasi pastikan anggaran cost living cukup, dana darurat ada, dan insurance. Investasi penting, tapi ada pos yang lebih penting lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dana darurat insuren penting banget ya.
      Cadangan cadangan

      Hapus