Perabot kantor Dan Fungsinya Dilengkapi Gambar

Perabot kantor adalah semua peralatan atau sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan administrasi, biasanya perabot kantor ini terbuat dari kayu, kayu olahan, logam aluminium, plastik khusus dan lain lain. Perabot kantor ini biasanya tahan dalam waktu yang lama dan bisa digunakan berulang - ulang. Silahkan simak juga Perabot Kantor Yang Sering Rusak.

Nah untuk mengetahui fungsi - fungsi dari perabot kantor berikut saya ulas di bawah ini. Peralatan kantor yang saya ulas di bawah ini biasanya di gunakan untuk kegiatan kantor administrasi.

Perabot kantor Dan Fungsinya

1. Meja Kantor

Meja kantor pada umumnya harus memiliki beberapa syarat supaya penggunanya nyaman menggunakan meja tersebut, sehat dan aman. Nyaman maksudnya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek serta tidak terlalu lebar supaya memudahakan mengambil dari tempat duduk. Sehat dalam artian meja tidak memiliki permukaan yang menyilaukan sehingga jika permukaan meja menyilaikan akan membuat mata rusak. Dan aman dalam artian permukaan meja tidak kasar karena jika permukaan meja kasar bisa membuat tangan tergores.

Meja kantor biasanya terbagi menjadi beberapa, yaitu

a. Meja Staf

Meja staf ini digunakan oleh  staft meja ada yang ksusus untuk sedniri ada juga yang terangkai beberapa meja.
Contoh meja staf untuk sendiri

by enduro

Contoh Meja staf Yang bersama - sama

By Enduro
Lebih banyak lagi tenag meja staf silahkan simak disini Meja Staf Minimalis dan Elegan

b. Meja resepsionis

Meja resepsionis ini khusus digunakan untuk resepsionis dalam menerima tamu yang datang. Biasanya letaknya berada paling depan sebuah kantor.
Meja resepsionis ini biasanya tidak hanya berpunsi sebagai meja tapi berpungsi juga sebagai daya tarik dan kewibaan sebuah kantor.

Contoh meja resepsionis
by enduro

c. Meja rapat

Meja rapat adalah meja yang digunakan untuk keperlua rapat. Biasanya ukuran meja lebih besar dari meja staf karena aktfitas rapat biasanya dilakukan bersama.

Contoh meja meeting
emage enduro

d. Meja direksi

Meja direksi digunakan oleh orang tertentu biasanya ukurannya lebih besar dari meja staf. Biasanya disetting supaya mudah gunakan untuk duduk bersama dengan 1 atau dua orang berhadapan.
Contoh gambarnya
emage enduro


2. Kursi Kantor

Kursi kantor terbagi dalam beberapa bagian, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kursi Pimpinan

Umumnya ukuran kursi lebih besar, dan lebih empuk. Mungkin tujuannya supaya pimpinan merasanyaman duduk karena harus duduk lama untuk mengecek semua laporan yang masuk.
Contoh
emage enduro


Namun sesuai perkembangan zaman kursi - kursi inipun biasa digunakan oleh karyawan staf tertentu.

2. Kursi staf

Kursi staf adalah kursi yang biasa digunakan oleh stap. Pada umumnya kursi yang digunakan lebih kecil dari kursi pimpinan tapi biasanya sama nyamannya.
Namun sesuai perkembangan zaman terkadang kursi staf pun digunakan oleh direksi karena berbagai alasan

Contoh :
emage enduro


3. Kursi Meeting

Umumnya kursi meting ini adalah kursi yang digunakan untuk keperluan meeting, ukurannya biasanya lebih kecil namun bisa juga menggunakan kursi staf.
Sebagai contoh
emage enduro
atau bisa juga menggunakan krsi staf
emage enduro
3. Lemari Kantor

Paling tidak ada tiga lemari kantor yang biasanya di gunakan, yaitu :

a. Lemari arsip

Biasanya lemari ini ukurannya besar dan digunakan untuk menyimpan dokumen bisa jadi dokumen tersebut adalah dokumen panduan, dokumen yang sedang di proses ataupun dokumen yang sudah selesai.
Contoh
emage by fixabay

b. Lemari rak

Lemari ini biasanya digunakan untuk dokumen yang sedang proses pengerjaan. tujuannya supaya mudah mengambilnya.
emage google serch

c. Lemari brangkas

Lemari brangkas ini biasanya digunakan untuk menyimpan dokumen rahasi atau mungkin uang penyimpanan sementara di kantor.
Biasanya lemari ini memiliki kunci husus.

image google serch


4. Filing Cabinet

Filing Cabinet ini pungsinya untuk menyimpan map yang masih dalap proses pengerjaan. Biasanya tersusun dari laci - laci yang berukuran 25 x 35. Tujuannya supaya bisa masuk map - map dokumen pekerjaan.
image google serch
5. Laci laci kartu

Biasanya banyak kartu nama yang diberikan oleh orang - orang yang bekerjasama dengan perusahaan. Nah untuk menyimpannya biasanya di gunakan laci - laci kecil untuk kartu.
Memang sudah tidak begitu populer namun masih biasa digunakan.
emage by kikyu

6. Seperangkan Komputer

Kompuer dewasa ini mejadi perabot kantor karena sudah wajib ada dan selalu digunakan di perkantoran.
Pungisnya tidak lain adalah untuk mengolah data.
Komputer juga biasanya dilengkapi dengan printer untuk menghasilkan ouput data.
Biasanya data aoutput diperlukan untuk keperluan laporan dan tanda tangan dokumen.

emage by fixabay
8. Peralatan Internet

Dewasa ini ternyata internet sudah menjadi bagian dari perabot kantor, kenapa demikian karena tidak ada kantor yang tidak ada internetnya. Bahkan sebagian kantor administrasi tidak bisa berfungsi dengan normal jika internetnya mati.
Kenapa demikian, karena komunikasi saat ini paling banyak dilakukan melalui internet. Seperti melalui email. Untuk itu peralatan yang bisa menghubungkan ke internet menjadi bagian dari perabot atau peralatan kantor yang tidak bisa dipisahkan.

Demikian tentang Perabot kantor Dan Fungsinya Dilengkapi Gambar yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

Silahkan simak juga 12 perlengkapan kantor yang wajib ada