Kelebihan yang dimiliki Genteng Metal Pasir

Kelebihan dan yang dimiliki Genteng Metal Pasir. Apakah saat ini sedang proses membangun rumah? atau saat ini masih mencari material untuk atap rumah? Nah, disini akan dijelaskan mengenai genteng metal dari pasir yang akan memberikan solusi untuk material yang dibutuhkan.

Genteng Metal Pasir

Setiap genteng itu memiliki kualitas dan bahan yang berbeda. Bagi orang awam mengenai material, belum memahami akan semua bahan yang akan dibuat membangun rumah.

Genteng metal pasir merupakan sebuah material penutup atap yang terbuat dari material metal atau logam. Dimana jenis genteng ini berbeda dengan genteng metal biasa, karena genteng ini memiliki lapisam kasar seperti berpasir yang terbuat dari baja galvalume az 100, zincalume, zinc phospat, dan campuran coraltex sehingga membuat permukaan gentengnya menjadi berpasir.

Maka dari itu fungsi lapisan berpasir ini untuk menahan sorot sinar matahari agar tidak masuk ke dalam rumah secara langsung, sehingga didalam rumah tidak menjadi panas secara langsung. Jadi apa kelebihan dan kekurangan dari material ini? Berikut penjelasannya :

Kelebihan Genteng Metal Pasir

1. Genteng Metal Pasir Antikarat

Kelebihan dari genteng ini yang pasti tidak mudah berkarat dan tahan akan pengikisan secara kimia. Karena bahan yang digunakan genteng metal pasir memiliki unsur seng, alumunium, dan lapisan lainnya yang anti karat.

2. Bisa meredam Suara Bising

Seringkali jika didalam rumah kemudian mengalami hujan deras,.lalu terganggu dengan suara bising. Bahan yang dibuag genteng ini bisa meredam suara bising yang ada. Maka dari itu genteng ini bisa dikatakan pilihan alternatif yang harus digunakan.

3. Ramah Lingkungan

Dari segi bahan yang dibuat, genteng ini termasuk memiliki material yang ramah lingkungan. Maka dari itu bisa mengurangi kerusakan pada lingkungan. Untuk melakukan perawatannya pun tidak membutuhkan biaya yang cukup mahal dam juga melakukannya sangat mudah seperti melakukan perawatan genteng pada umumnya.

4. Tidak Mudah Terbakar

Genteng metal pasir tidak mudah terbakar dan tidak bisa menghantarkan panas api. Maka dari itu genteng ini aman karena dapat memberikan perlindungan kepada penghuni rumah dari sambaran petir. Sehingga membuat penghuni rumah bisa merasa nyaman, tidak menyebabkan kebakaran jika ada sambaran petir.

5. Memiliki banyak Pilihan Model

Genteng ini memiliki model yang bermacam-macam, memiliki ketebalan yang beragam dan juga memiliki pilihan warna. Sehingga bksa menyesuaikan model dengan konsep desain eskterior rumah yang dibutuhkan.

6. Tidak Mudah Terlepas

Untuk pemasangan genteng ini memiliki kunci khusus, sehingga tidak mudah terlepas. Maka dari itu jika terjadi angin kencang tidak membuat masalah. Karena aman dalam pemasangan dan penempatannya dan tidak menyebabkan getaran yang membuat genteng ini terlepas dari atap rumah.

Kekurangan Genteng Metal Pasir

Jika adanya kelebihan pasti akan ada kekurangannya, berikut penjelasannya :

1. Rentan Terhadap Tekanan

Kekurangan yang dimiliki oleh genteng ini yaitu rentan terhadap tekanan, karena hanya memilikk ketebalan berkisar 0,20 sampai 0,40 sehingga rawan jika terlalu terhadap tekanan jika diinjak. Tapi jangan khawatir, tidak mungkin jika setiap waktu sering menginjak genteng karena akan menyebabkan kerusakan.

2. Warna Genteng Metal Pasir Mudah Terkelupas

Meski tersedia dalam beragam warna dan model kekurangan dari genteng ini warnanya mudah terkelupas. Sehingga perlu perhatian khusus dan sangat berhati-hati bila memasang gentengnya.

3. Daya Redam Panas Relatif Rendah

Kekurangan lainnya yaitu pada kemampuan meredam panas dari luar rumah hanya sekira 70 persen. Sehingga perlu membuat ventilasi yang baik agar didalam rumah tidak terlalu panas.

Pemasangan Genting Metal Pasir

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli dan memasang genting metal pasir, yaitu :

1. Karena kurangnya menahan panas, pilihlah ketebalan atap sesuai dengan kebutuhan dan kondisi cuaca di daerah rumah.

2. Bobot yang cukup ringan sehingga tidak perlu rangka atap yang terlalu rapat.

3. Sebaiknya gunakan rangka atap dari baja yang ringan.

4. Jika memasang harus hati-hati, dan teliti agar tidak mudah lepas jika ada angin kencang. Maka dari itu sebaiknya mencari tukang yang sudah ahlinya.

Nah itu penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan sebagai penutup atap rumah. Genteng Metal Pasir memang minimalis dari aneka bentuk genteng pada umumnya. Menggunakan atap jenis ini cocok bagi yang mencari genteng ringan karena tidak banyak membutuhkan banyak perawatan pada pemakaiannya, sehingga biaya yang ada menjadi bisa diminimalisir pada pembuatan rangka atap rumah.

Jadi genteng ini menjadi salah satu permintaan pasar genteng metal yang cukup tinggi, maka dari itu sangat laku dipasaran. Dikarenakan sifat genteng jenis ini juga ramah lingkungan. Maka dari itu gunakan jenis genteng ini untuk membuat desain rumah yang diinginkan menjadi lebih eskterior. Penjelasan ini bisa bermanfaat bagi yang sedang mencari material genteng, agar bisa menyesuikan ketika membangun rumah dan merenovasi rumah.


Posting Komentar untuk "Kelebihan yang dimiliki Genteng Metal Pasir"