10 Perlengkapan Kantor Yang Harus Ada

Dewasa ini perkantoran semakin banyak. Mulai dari perkantoran desa, perkantoran perusahaan sampai perkantoran suatu organisasi. Namun tahukan kita apa saja perlengkapan kantor yang harus ada?
Secara garis besar perlengkapan kantor apa saja yang harus ada memang tidak terlepas dari pungsi kantor itu sendiri.
Misalkan kantor seorang penulis akan sedikit berbeda perlengkapannya dengan sebuah kantor seorang dokter meski secara umum hampir sama.
Begitupn satu kantor lain dengan kantor lainnya. Namun secara umum minimal perlengkapan pada sebuah kantor bisa kita sebutkan satu persatu. Baiklah berikut adalah sebuah contoh perlengkapan kantor seorang yang biasa menginput data atau reporter data.


10 Perlengkapan Kantor Yang Harus Ada 

1. Meja Kantor

Dikantorm namapunmeja sangat penting ada disebuah perkantoran karena sangat berpungsi untuk bekerja. Tempat menulis, tempat menyimpan peralatan elektronik seperti PC dan lain - lain.
Meja tidak pernah tidak ada pada sebuah kantor yang sudah beroprasi.
Silahkan simak juga 12 contoh meja kantor minimalis dan elegan.

2. Kursi

Pasangan meja tentu saja kursi, karena jika ada meja tapi tidak ada kursi maka kita akan duduk dilantai. Memang betul saat ini banyak dijual meja - meja tanpa kursi. Design mejanya pendek tapi sangat tidak umum digunakan diperkantoran.
Untuk itu kursi pasti ada karena ada meja.

3. Lemari Arsip/Rak Arsip

Tentu hasil pekerjaan akan selalu bertambah dari hari ke hari. Untuk itulah perlu tempat dimana hasil perkarjaan itu disimpan. Untuk itulah perlu yang namanya lemari arsip/rak arsip yang pungsinya untuk menyimpan sementara atau bisa jadi tempat penyimpanan tahunan.

4. Seperangkat Komputer/Laptop

Komputer / laptop dan perlengkapannya bagi seorang yang terbiasa dengan data harus ada. Kenapa demikian, karena data harus di input dengan sebuah alat yang mudah dioprasikan dan mudah dimengerti saat ini alat itu adalah komputer atau laptop.

5. Printer dan Scaner

Printer dan Scaner sebetulnya salah satu kelengkapan sebuah komputer namum dalam hal ini saya pisahkan.

Sebuah data untuk mudah dibawa kemana - mana dan untuk sebuah laporan perlu bentuk fisiknya, untuk itulah mesin printer sangat diperlukan.

Tidak hanya perlu data bentuk fisik bisa jadi ada data berbentuk pisik yang harus dimasukan secara digital. Sebagai contoh dokumen yang harus ditanda tangani perlu diprint dan setelah ditandatangi perlu dikirim ulang segera secara elektronik, untuk itulah pada sebuah kantor untuk input data harus ada scanner. Pungsinya adalah untuk membuat dokumen berbentuk pisik menjadi bentuk elektronik.

6. Alat tulis

Alat tulis seperti pulpen, pinsil merupakan perlengkapan yang tidak bisa dipisahkan dari dunia perkantoran. Meskipun saat ini sudah ada dunia digital tapi alat yang satu ini pensil dan pulpen  atau salah satunya tidak bisa dihilangkan. Pasti diperlukan.

7. Map Kertas/Plastik

Sebuah dokumen tidak mungkin diprin kemudian disimpan begitu saja berserakan. Untuk itulah harus ada alat yang bisa membuatnya rapih dan tidak berserakan. Alat itu adalah map bisa jadi terbuat dari kertas atau platik.

8. Penjepit Kertas

Jika dengan maps masih kurang, maka penjepit kertas akan menolong. Bagi seorang yang biasa memasukan data map dan penjepit kertas merupakan pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Meskipun sudah ada map tapi kertas - kertas didalam map supaya tidak berhamburan harus dijepit menggunakan penjepit kertas.

9. Papan Progress

Mungkin berbeda - beda namanya yang jelas demi ketertiban sebuah pekerjaan maka papan progress mesti ada.
Mana saja yang belum, sedang dan sudah selesai dikerjakan bisa dicatat pada papan progress ini.

10. Kalender

Meskipun bentuk digital sudah ada bahkan pada komputerpun sudah ada, tapi kalender manual harus ada. Kenapa demikian karena jadwal pekerjaan bisa ditulis atau dicatat pada kalender manual. Sehingga kita bisa melihat jawal pekerjaan kapan saja dengan mudah.

Nah paling tidak itulah Perlengkapan Kantor Yang Harus Ada yang bisa saya tuliskan. Semoga bisa menginspirasi anda dalam menyiapkan keperluan perlengkapan kantor anda.