Mesin Mesin Kantor Dan Pungsinya

Pekerjaan kantor dari zaman dulu sampai zaman sekarang ini tentu saja memerlukan bantuan mesin. Mulai mesin yang sederhana yang mungkin saat ini sudah tidak digunakan sampai mesin yang modrn yang saat ini paling banyak digunakan dikantor - kantor. Nah berikut bagi yang sedang mencari apa saja mesin - mesin kantor dan pungsinya berikut coba saya menguraikannya.

Silahkan simak juga Peralatan Kantor Yang Habis Pakai Dilengkapi Gambar

Mesin Mesin Kantor Dan Pungsinya

1. Mesin Komputer dan Latop


Sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari dunia perkantoran adalah unit komputer atau latop saya samakan anatar komputer dan latop meskipun secara visik dan spesifikasi berbeda namun di perkantoran pungsinya sama saja..

Tentu ketika kita berbicara komputer atau latop, maka sudah begitu paham dengan pungsinya didunia perkantoran yaitu untuk mengolah data, menyimpan data dari setiap pekerjaan yang dilakukan dikator. Mulai data berupa catatan atapun data - data perhitungan yang rumit. Semuanya bisa dilakukan dengan menggunakan komputer.

Mesin Mesin Kantor Dan Pungsinya

2. Printer


Printer juga merupakan mesin perkantoran yang tidak bisa dipisahkan dari dunia perkantoran. Karena printer sangat berguna untuk membuat data output kantor. Seperti mencetak laporan, mencetak surat - surat dan lain - lain.

Pungsi printer diperkantoran bisa dikatakan ibarat sop tanpa garam. Bayangkan saja dokumen atau surat sudah dibuat tapi tidak bisa memiiki outputnya.

Laporan sudah dibuat tapi tidak bisa dibukukkan. Luar biasa pungsi mesin printer sangat penting untuk melengkapi kegiatan perkantoran.


3. Mesin Fotocopy


Dokumen yang dibuat tentu saja harus memiliki salinan. Sebetulnya bisa saja diprin rangkap, namun jika dokumen tersebut rangkap banyak dan harus ditandatangani satu persatu sungguh sangat merepotkan sekali. Untuk itulah mesin foto copy merupakan mesin kantor yang sangat bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan dikantor.

Cukup prin satu dan ditandatangi, selanjutnya cukup di fotocopy saja. Jika diharuskan ada tanda pengesahan di fotocopynya cukup diberikan cap saja.

4. Telepon atau Handphone


Telepon dan handhone merupakan mesin yang juga tidak bisa ketinggalan didunia perkantoran. Cara Sudah menjadi sangat lumrah sekali komunikasi antar satu bagian dengan bagain lain atau antar kantor dengan kantor lain baik internal maupun eksternal menggunakan mesin komunikasi berupa Telepon atau Handphone.

Kenapa dalam penjelasan ini saya samakan antara telepon dan handphone karena pungsinya diperkantoran sama lebih banyak untuk berkumunikasi suara. Meskipun sesui perkembangan zaman yang makin canggih telepon sepertinya akan segera diganti oleh Handphone karena secara teknis jauh lebih mudah dan lebih banyak pungsinya. Hal ini sangat baik dalam mendukung kemajuan suatu perkantoran.






5. Scaner


Scaner merupakan mesin untuk mengubah dokumen berbentuk fisik menjadi digital dan bisa disimpan dalam komputer.
Scaner sangat penting keberdaannya karena dengan adanya mesin scaner dokumen akan jauh lebih cepat untuk sampai ke tujuan dengan cara mengirimkannya melalui mesin eletronik mail.


Scaner biasanya ada yang sudah satu paket dengan printer namun ada juga yang terpisah. Jika kebutuhan scannya banyak biasanya mesin scaner akan terpisah dari printer.
Scaner Outomatic

6. Mesin Internet


Mesin internet ini cukup banyak rangkaiannya, namun di dunia perkantoran saat ini tidak bisa lepas dari internet.

Mangapa demikian, karena setiap data saat ini dikirim melalui mesin lektronik email.

Sedangkan data print outnya bisa menyusl dikemudian waktu.

Mesin internet paling tidak terdiri dari penangkap sinyal internet yang bisa menerima data dan megirim data. Dengan adanya mesin yang bisa menghubungkan ke internet ini pekerjaan kantor akan jauh lebih cepat dan lebih mudah.





7. Mesin Absen


Nah jika dari tadi membahasan mesin yang berkaitan langsung dengan teknis pekerjaan kali ini yang berkaitan dengan karyawan, yaitu mesin absen.

Ini penting ada karena untuk mengetahui karyawan mana saja yang sudah berada ditempat dan tidak berada ditempat. Selain itu untuk bisa mendisiplinkan karyawan yang ada diperkantoran tersebut.
Nah itulah Mesin Mesin Kantor Dan Pungsinya yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat.

Silahkan simak juga Perabot Kantor Yang Sering Rusak